JURNAL SISTEM INFORMASI DI BIDANG TRANSPORTASI
KELOMPOK 2 :
Dwi Bagaskara (12115035)
Adienda Nur Amalina (10115140)
Guntur Buana Paksi (12115954)
Sistem Informasi di Bidang Transportasi
Transportasi merupakan salah satu wadah dalam pembangunan nasional, transportasi harus tersedia secara merata agar pembangunan juga dilakukan secara merata. di Indonesia umumnya masyarakat menggunakan transportasi darat utuk mangangkut barang, meskipun terkadang menggunakan transportasi laut jika untuk luar pulau. Transportasi juga merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Sarana transportasi yang ada di darat, laut, maupun udara memegang peranan vital dalam aspek sosial ekonomi melalui fungsi distribusi antara daerah satu dengan daerah yang lain.
Seperti yang kita ketahui sekarang banyak sekali penggunaan transportasi yang mengediakan jasa ojek, salah satunya adalah GOJEK. GOJEK adalah perusahaan yang menyedikan jasa transportasi salah satunya adalah ojek online, GOJEK Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai social enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen GOJEK menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan GOJEK dan tersebar di Jabodetabek. Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan dengan pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan. Banyak sekali fitur fitur yang di tawarkan GOJEK selain ojek online, contohnya seperti :
GO-CAR yang menyediakan jasa angkut menggunakan mobil
GO-FOOD yang menyediakan jasa pembelian makanan
GO-SEND yuang menyediakan jasa pengiriman barang/ courir
GO-MART yang menyediakan jasa pembelian barang di Mart
GO-MESSAGE yang menyediakan jasa pemijatan
GO-GLAM yang menyediakan jasa perawatan kecantikan
GO-CLEAN yang menyediakan jasa pembersihan rumah
GO-BUSWAY yang menyediakan layanan informasi tentang waktu, tempat buyway
GO-TIX yang menyediakan jasa pembelian tiket, seperti tiket bioskop
GO-AUTO yang menyediakan jasa montir mobil
dan lain-lain. dengan bermodalan handphone android kita bisa download aplikasi GOJEK untuk menggunakan jasa GOJEK tersebut.
cara pemesanan gojek :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Setelah itu kita tinggal menunggu dan mambayar menggunakan cara cash atau cradit gojek ketika sudah sanpai ditempat tujuan.
Keunggulan dan Kelemahan
Keunggulan
1. Praktis dan Mudah dalam bertransaksi
2. Penggunaan trend teknologi Aplikasi GO-JEK
3. Memberikan Kenyamanan terhadap penumpang
4. Tidak ada tawar menawar harga, semua sudah langsung terkalkulasi saat order.
5. Bisa sebagai antar jemput barang dan belanja
6. Mendapat fasilitas Helm resmi dari Gojek berwarna hijau dan bersih, dan Penutup masker.
7. Pelayanan nya pun ramah dan sopan, dan mematuhi rambu lalu lintas.
Kelemahan
1. Harus mempunyai paket data untuk bertransaksi.
2. Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan GOJEK
Kesimpulan : Dengan adanya aplikasi gojek tentu saja untuk kemana mana dan membeli sesuatu menjadi praktis, dan otomatis sangat mambatu masyarakat tapi tentu saja kita harus tetap harus waspada terhadap tindakan yang tidak menyenangkan.
referensi : http://go-jek-indonesia-malang.blogspot.co.id/p/proposal-usaha.html
http://makalahjurusansisteminformasi.blogspot.co.id/2016/01/makalah-bedah-aplikasi-gojek.html
Komentar
Posting Komentar